Cara Membatalkan Tiket Kereta Api
Mungkin
sebagian orang bertanya-tanya, apakah bisa membatalkan tiket kereta api yang
sudah dipesan? Itu pertanyaan mudah, jawabannya bisa.
Bagaimana
dengan uang yang telah dibayarkan? Uang yang telah dibayarkan akan dikembalikan
75% dari biaya tiket tersebut.
Ini
tidak sesulit yang saya bayangkan sebelumnya. Bulan lalu saya telah memesan
tiket kereta api dengan tanggal 18 juni 2015 dari Gambir tujuan Malang
seharga Rp427.500,- .
![](file:///C:/DOCUME%7E1/XP/LOCALS%7E1/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.jpg)
Ternyata saya tidak jadi
menggunakan tiket tersebut dan saya berniat untuk membatalkannya. Ternyata saat
itu saya hanya perlu mendatangi Customer Service di Stasiun terdekat untuk
mengambil formulir pembatalan tiket dan menyiapkan fotokopi kartu identitas
yang saya gunakan pada saat memesan tiket tersebut. Dalam formulir tersebut orang yang
membatalkan tiket haruslah nama orang yang tercantum pada tiket, saya rasa ini
tidak dapat diwakilkan karena dalam form itu harus dibubuhi tanda tangan si
pemesan tiket.
Selanjutnya petugas CS akan
mengarahkan kita mengantri di loket yang telah ada di stasiun. Setelah
bertransaksi dengan petugas loket, saya mendapatkan selembaran bukti pembatalan tiket yang berisi
jumlah uang yang kembali dan kapan uang tersebut akan dikembalikan. Uang
pengembalian ternyata tidak dapat diambil saat itu juga, karena sesuai prosedur
uang akan kembali 1 bulan setelah pembatalan. Perlu diketahui saya memilih pengembalian
melalui rekening, karena jika saya memilih tunai saya harus mendatangi stasiun
dimana saya membatalkan tiket bulan berikutnya. Saya mendapatkan pengembalian
sebesar RRp320.000,- di rekening saya dan waktu pengembaliannya 1 minggu lebih
cepat dari tanggal seharusnya. Saya membatalkan pada tanggal 11 juni dan saat
saya cek 6 juni, rekening saya telah terisi.
Semoga
ini bermanfaat ya!!
Komentar
Posting Komentar