Cara Membatalkan Tiket Kereta Api




                Mungkin sebagian orang bertanya-tanya, apakah bisa membatalkan tiket kereta api yang sudah dipesan? Itu pertanyaan mudah, jawabannya bisa.
                Bagaimana dengan uang yang telah dibayarkan? Uang yang telah dibayarkan akan dikembalikan 75% dari biaya tiket tersebut.            
                Ini tidak sesulit yang saya bayangkan sebelumnya. Bulan lalu saya telah memesan tiket kereta api dengan tanggal 18 juni 2015 dari Gambir tujuan Malang seharga   Rp427.500,- .









Ternyata saya tidak jadi menggunakan tiket tersebut dan saya berniat untuk membatalkannya. Ternyata saat itu saya hanya perlu mendatangi Customer Service di Stasiun terdekat untuk mengambil formulir pembatalan tiket dan menyiapkan fotokopi kartu identitas yang saya gunakan pada saat memesan tiket tersebut.  Dalam formulir tersebut orang yang membatalkan tiket haruslah nama orang yang tercantum pada tiket, saya rasa ini tidak dapat diwakilkan karena dalam form itu harus dibubuhi tanda tangan si pemesan tiket.
Selanjutnya petugas CS akan mengarahkan kita mengantri di loket yang telah ada di stasiun. Setelah bertransaksi dengan petugas loket, saya mendapatkan  selembaran bukti pembatalan tiket yang berisi jumlah uang yang kembali dan kapan uang tersebut akan dikembalikan. Uang pengembalian ternyata tidak dapat diambil saat itu juga, karena sesuai prosedur uang akan kembali 1 bulan setelah pembatalan. Perlu diketahui saya memilih pengembalian melalui rekening, karena jika saya memilih tunai saya harus mendatangi stasiun dimana saya membatalkan tiket bulan berikutnya. Saya mendapatkan pengembalian sebesar RRp320.000,- di rekening saya dan waktu pengembaliannya 1 minggu lebih cepat dari tanggal seharusnya. Saya membatalkan pada tanggal 11 juni dan saat saya cek 6 juni, rekening saya telah terisi.
                Semoga ini bermanfaat ya!!

Komentar